Senin, 20 Januari 2020

Surat dari Surya Anta Untuk Mahasiswa Yang Bersolidaritas Bagi Rakyat Dan Bangsa Papua







SUARA MAMBRUK - Surat Surya Anta Dari trali besi Rutan Salemba, kepada Kepada kawan-kawan (mahasiswa) Unkhair yang di-DO dan kawan-kawan yang diancam DO karena bersolidaritas pada rakyat dan bangsa Papua.

"Kawan-kawan, apa yang telah kalian perjuangkan adalah kebenaran yang tak terbantahkan. Tanpa solidaritas kita hanyalah butiran pasir yang mudah dihempaskan.

Solidaritas mengajarkan kita menjadi lebih berani. Berani untuk mengemukakan gagasan, berani untuk memerdekakan pikiran. Bahkan berbagi resiko pada mereka yang tertindas. Menyerap dan memetik pelajaran-pelajaran atas segala penindasan terhadap mereka yang tertindas. Agar kita tak sama buruknya dengan para penindas. Guna menarik garis batas pembeda antara kita yang menolak penindasan dan penjajahan dengan mereka yang menjadi bagian serta pendukung penindasan. Solidaritas juga melengkapi kemanusiaan kita.

Tentu kita menghadapi "tembok" rintangan. Sebagaimana yang tertindas menghadapi ancaman yang lebih berat. Sebagian kawan-kawan yang bersolidaritas mengalami kekerasan fisik dari aparat ataupun kelompok preman seperti yang baru-baru ini terjadi di Ambon dan Makassar.

Kawan-kawan di Unkhair Ternate menghadapi kenyataan kampus membungkam kemerdekaan dengan DO dan di beberapa kampus lainnya menghadapi ancaman yang serupa.

Reformasi belum pula mampu mencerahkan alam gagasan para dosen dan birokrat kampus di negeri ini. Rejim serta aparatus kekerasannya hendak membungkam demokrasi hingga ke ruang-ruang akademik. Jalan satu-satunya menghadapi ini semua adalah dengan mendobrak terus segala kecupetan berpikir tersebut.

Hak istimewa mahasiswa dan kaum terpelajar dalam kemerdekaan mengemukakan pendapat dan berkeyakinan politik harus terus dipertahankan. Jika tak dipertahankan dan diperluas tentunya akan lebih sulit lagi mewujudkan kemerdekaan berpikir serta mengemukakan gagasan serta berkeyakinan politik bagi rakyat.

Kemerdekaan berpikir dan mengemukakan gagasan serta kebebasan dalam berkeyakinan politik adalah syarat mutlak dalam memajukan peradaban. Tanpa itu peradaban kita mundur. Dan pada tiap kemunduran, para Tiranilah yang akan menjadi pemenangnya".

Rutan Salemba
13/01/2020

Surya Anta

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda