Minggu, 03 November 2019

BAGIAN KECIL: DAMPAK-DAMPAK NEGATIF PASCA PEMEKARAN (DOB) PAPUA.

Its: foto fb


Rakyat papua akan melihat dengan empat mata dan rasakan betapa buruknya pemekaran di mana saat di mekarkan menjadi lahan baru bagi indfonesia.
Di bawah ini adalah beberapa hal bagian kecil dampak pemekaran yang dapat masyarakat papua tau dan rasakan  yaitu sebagai berikut :


1. Pemekaran adalah pintu masuk kapitalisme global, eksploitasi, eskplorasi, penembangan secara illegal.
Pemekaran bukanlah solusi demokratis untuk menyelesaikan akar konflik horizontal maupun konflik vertikal, justru pemekaranlah yang  pemicu konflik di papua.

2. Pemekaran adalah pintu masuk kolonialisme “Transmigrasi”, marginalisasi, militerisme dan akan perampasan tanah adat tanpa mengindahkan hak ulayat rakyat pribumi.

3. pemekaran tentu akan ada pergeseran budaya secara drastis dan kontaminasi budaya luar, kemudian akan berbeturan budaya dalam kehidupan rakyat papua.

4. Pemekaran adalah ancaman bagi rakyat papua, karena sejatinya rakyat papua tidak memintah pemekaran (DOB). Sehingga rakyat akan tersiksa dan tersingkir dari semua sector kehidupan.

5. Pasca pemekaran akan transmigrasi 50 juta jiwa non papua dari jawa akan masuk ke papua, untuk menguasai seluruh papua di kota bahkan sampai di setiap polosok kampong terpencil.

6. Pemekaran akan buka pintu masuk infasi militer bersar-besar di seluruh tanah papua, dan kemudian akan memperhambat semua pergerakan pro rakyat yang juga sebagai pelindung hak-hak fundamental rakyat papua.

7. Pemekaran akan buka peluang besar untuk para pemodal (kapitalis) yang tentunya akan berkecipung dalam saham-saham illegal, pendulangan emas secara illegal tanpa menghormati dan mengindahkan hak ulayat masyarakat ada setempat.

8. Pemekaran berdampak buruk dalam konteks pengurangan populasi orang asli papua “depopulasi” (OAP) secara drastis.

9. Pemekaran akan jadi malapetaka bagi kehidupan rakyat papua, karena pemekaran melahirkan pemekaran lapangan pekerjaan yang benar dan menjajikan bagi orang non papua, misalnya. Dominasi birokrasi (ASN).

10. Pemekaran akan berdampak pada pengerusakan ekosistem alam atas alas an pembangunan demi kemajuan pembangunan di derah kabupaten maupun provinsi.

Baca juga: https://suaramambrukk.blogspot.com/2019/11/surat-protes-terbuka-kepada-pemerintah.html

#100%TolakDOB
#SayangRakyat
#CintaPapua
#TolakPemekaranBaru

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda